Sekilas Info
Selasa, 10 Sep 2024
  • Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina
  • Tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina
https://kalpika.id/bom29-toto/ https://smpn40pekanbaru.sch.id/lib/ https://smpn40pekanbaru.sch.id/wp-content/themes/ https://mtsn1acehbesar.sch.id/themes/ https://koperasiapersi.com/assets/site/ https://www.pascasarjanaikj.ac.id/js/ https://www.pascasarjanaikj.ac.id/css/ https://sdn2landangan.sch.id/bom29toto/ https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/pages/scatter-hitam/ https://sukamaju-lempuingjaya.desa.id/bom29toto/ https://sencanojaya.desa.id/vendor/bom29toto/ https://tarungnews.com/media/bom29toto/ slot thailand https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/data-china/ https://kimiasakti.com/public/bom29toto/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://www.ledger-dispatch.com/ http://178.128.20.178/ http://178.128.223.132/ https://tracerstudy.umk.ac.id/vendor/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/assets/raja/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/888slot/ https://smkyppisby.sch.id/anti-rungkad/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/pg/ data sgp https://jian.unismuh.ac.id/wp-content/rajatogel/ https://smpnsakra.sch.id/bom29toto/ http://103.253.212.197/file/2021/pompa77/ http://103.253.212.197/file/2021/mas77toto/ https://www.cch.co.th/bom29toto/ https://skripsi-pbi.umk.ac.id/vendor/idn/ http://119.59.116.138/bom29toto/ http://36.66.156.22/data-taiwan/ http://103.253.72.69/hoki188/ http://108.136.205.185/bom29/ https://portal.pasarjaya.co.id/indoxxi/ https://poltekpelsulut.ac.id/vendor/scatter-hitam/ http://103.4.165.67/bom29toto/ https://steitholabulilmi.ac.id/vendor/jpslot/ https://pmb.iainbatanghari.ac.id/portal/gudangtoto/ https://suzukitrada.id/robopragma/ https://suzukitrada.id/rajatogel/ https://suzukitrada.id/bom29toto/ bom29toto https://clickoding.id/data-taiwan/ https://167.172.91.246/ bom29toto https://seputarkedirihosting.com/bran/ https://seputarniaga.com/eskum/ https://seputarkediri.com/mail/ https://sembranimakarya.com/file/ https://www.kuripewholesale.com/
3 Februari 2024

LAPORAN BEST PRACTICES – ANJA YULEONITA MASDIKA S.Pd

Sab, 3 Februari 2024 Dibaca 124x

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X RPL SMK MIFTAHUL HIKMAH

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pengerjaan Laporan Best Practices. Laporan ini merupakan sebagai laporan tugas akhir menyelesaikan kegiatan PPG dan telah menyelesaikan kegiatan PPL Rencana Aksi 1 dan Rencana Aksi 2. Untuk itu saya sebagai guru BIOLOGI yang mengikuti PPG membuat laporan best practice guna memenuhi tugas PPG di LPTK Universitas PGRI MADIUN. Didalam modul ajar ini tercantum uraian situasi, tantangan, aksi dan refleksi kegiatan PPG. Dengan terselesaikannya Laporan Best Practices ini saya sampaikan terimakasih kepada :

  1. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang sudah memberikan kesempatan saya mengikuti PPG DALJAB sehingga dapat membuat Laporan Best Practices
  2. Dosen Pembimbing PPG, yang telah memberikan arahan serta bimbingan dalam membuat Laporan Best Practices.
  3. Guru Pamong PPG, yang telah memberikan saran terbaik dalam membuat Laporan Best Practices.
  4. Kepala SMK MIFTAHUL HIKMAH, yang telah memberi kesempatan dalam membuat Laporan Best Practices.
  5. Rekan Guru Bahasa Indonesia yang memberikan saran terbaiknya.
  6. Orangtua serta keluarga yang memberikan dukungan moril dan materi kepada saya dalam Membuat Laporan Best Practices.
  7. Peserta didik kelas X Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ).

Laporan Best Practices ini masih jauh dari kesempurnaan saya harap pembaca khususnya rekan guru sejawat dapat mengkritisi lebih lanjut apa yang menjadi kurang dalam Laporan Best Practices demi kesempurnaan dalam melaksanakan kegiatan PPG. Penyusun juga tidak membatasi untuk dapat menggunakan Laporan Best Practices sebagai referensi.

Hormat saya,

Penyusun

PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah

Rendahnya minat dan keaktifan siswa di dalam kelas mempengaruhi nilai hasil belajar siswa. Guru ketika penyampaian materi dan metode yang konvensional menjadi penyebab utama kurang menariknya siswa ketika pembelajaran dalam kelas khusunya pada mapel IPAS materi Pencemaran air di SMK MIFTAHUL HIKMAH jurusan RPL sesuai dengan tuntutan Kurikulum merdeka merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berorientasi HOTS.

Dalam praktik pembelajaran Kurikulum merdeka yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa bukutersebut sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ternyata, dalam praktiknya, penulis mengalami beberapa kesulitan seperti materi dan tugas tidak sesuai dengan latar belakang siswa. Selain itu, penulis masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif yang lebih mementingkan hafalan materi. Dengan demikian proses berpikirsiswa masih dalam level C1 (mengingat), memahami (C2), dan C3 (aplikasi). Guru hampir tidak pernah melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/ HOTS). Penulis juga jarang menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan anak-anak tampak tidak ceria.

Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan dengan beberapa siswa diperoleh informasi bahwa peserta didik bosan mengikuti pembelajaran yang banyak dilakukan guru dengan menggunakan metode ceramah selain ceramah, metode yang selalu dilakukan guru adalah penugasan. Sebagian peserta didik mengaku jenuh dengan tugas-tugas yang hanya bersifat teoritis. Tinggal menyalin dari buku teks.

Untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0, siswa harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills). Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model Problem Based Learning yang menuntun peserta didik untuk mengamati (membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya di depan kelas, model pembelajaran yang mengedepankan strategi pembelajaran dengan menggunakan masalah dari dunia nyata sebagai konteks siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan

konsep esensial dari materi yang dipelajarinya. Dalam Problem Based Learning siswa dituntut untuk mampu memecahkan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari- hari (kontekstual). Dengan kata lain, Problem Based Learning membelajarkan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta mencari dan menggunakan sumber pembelajaran yang sesuai untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Setelah melaksanakan pembelajaran pencemaran air dengan model problem based learning penulis menemukan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa meningkat lebih bagus dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Praktek pembelajaran yang berhasil baik ini penulis simpulkan sebagai best practice dan pembelajaran berorietntasi HOTS dengan model Problem Based Learning

B. Jenis Kegiatan

Best practice ini sangat perlu dibagikan karena berisi tentang diskripsikan pengalaman terbaik seorang guru terkait keberhasilan dalam menyelesaikan masalah selama proses pembelajaran. Selain itu best practice memuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga bias memudakan guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

C. Manfaat Kegiatan

Manfaat penulisan Best Practice ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dalam menulis pengalaman-pengalaman selama kegiatan pembelajaran di kelasnya terutama pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.

  1. Bagi Siswa
    1. Siswa akan lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran
    2. Memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dalam kegiatan belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
    3. Mendorong siswa untuk meningkatkan kerjasama dan menumbuhkan sikap kepemimpinan
    4. Terkontrolnya tingkah laku positif siswa
    5. Menciptakan suasana kelas yang kondusif dan dinamis pada proses pembelajaran.
    6. Meningkatkan hasil belajar siswa.
  • Bagi guru
    • Memperluas wawasan guru
    • Meningkatkan profesionalitas kerja
    • Meningkatkan peran guru sebagai fasilitator
    • Memberikan motivasi bagi guru-guru lainnya
    • Memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran IPAS
    • Bagi Sekolah
      • Menerapkan metode yang dilaksanakan terhadap pelajaran yang lain
      • Memanfaatkan metode dengan semaksimal mungkin
      • Mengembangkan bakat untuk tercapainya visi dan misi sekolah
PEMBAHASAN

Proses praktek pembelajaran ini dilakukan di SMK MIFTAHUL HIKMAH dengan menggunakan model PBL adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah Memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan juga penerapannya kemudia Penggunaan media konkret dan berbasis TPACK selama proses pembelajaran, Membuat bahan ajar di LKPD dan Membuat soal evaluasi berbasis HOTS

Strategi apa yang digunakan:Guru menggunakan model PBL karena dengan menggunakan model ini siswa dapat lebih berfikir kritis dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengesankan, penanaman konsep yang melekat serta meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa dalam belajar. Seperti pada rencana aksi 1 peserta didik diminta untuk mengidentifikasi terkait materi yang akan dibahas sebelum guru membahas materi tersebut secara detail. Maka peserta didik harus lebih aktif dan memiliki sumber belajar yang baik missal dari buku paket atau internet serta berdiskusi dengan teman kelompoknya, hal ini pun menjadi masalah yang harus mereka selesaikan yang disisipkan stimulus agar peserta didik dapat lebih berfikir aktif. Memanfaatkan multimedia dan membuat bahan ajar yang menarik dan interaktif sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi dan Penyampaian yang baik seperti memberikan kalimat-kalimat untuk memotivasi peserta didik .

Pelaksanaan praktik pembelajaran ini dilaksanaka pada tanggal, 18 januari 2024 terhadap peserta didik kelas X -RPL SMK Miftahul Hikmah menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan saintifik pada materi Pencemaran air

– Pada pendahuluan: guru menyampaikan salam, kemudian berdoa bersama dan membaca asmaul husna. Guru menyampaikan apersepsi berupa pertanyaan terkait materi sebelumnya yaitu ekositem. Tujuanya adalah mengarahkan peserta didik untuk membahas materi hari ini . Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, sistem penilaian dan alur pembelajaran. Guru memberikan pre test kepada peserta didik dan selanjutkan guru memberikan pertanyaan apersepsi tentang bagaimana keadaan air disekitar rumahmu dan dari mana saja sumber air tersebut?

Pada kegiatan Kegiatan Inti,

  • Fase 1 orientasi masalah guru menyajikan vidio tentang pencemaran air di sungai , guru menstimulasi peserta didik untuk menanya dan menyampaikan pendapatnya terkait permasalahan kontekstual yang disajikan.

Fase 2 mengorganisasi peserta didik: guru membagi peserta didik menjadi 4 kelompok, guru membagikan LKPD pada masing-masing kelompok dan mengarahkan untuk menuliskan rumusan masalah yang sudah ditentukan

Fase 3 membimbing penyelidikan: guru membimbing peserta didik dalam melakukan diskusi dan menyelesaikan LKPD, guru mengamati ketrampilan unjuk kerja dan sikap peserta didik selama proses pembelajaran

Fase 4 mengembangkan dan menyajikan hasil karya: Peserta didik dalam kelompok mempresentasikan hasil diskusi pemecahan masalah sesuai dengan orientasi masalah di depan teman-temannya. Kelompok yang lain menggapi kelompok yang tampil

Fase 5 koreksi dan menganalisis pemecahan masalah: guru mengoreksi sajian presentasi masing-masing kelompok. Bersama dengan peserta didik, guru memberikan penguatan tentang pemecahan masalah yang tepat

Pada bagian penutup: guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini. Selanjutnya guru memberikan reward kepada kelompok terbaik. Guru melakukan refleksi pembelajaran hari ini kepada peserta didik. Selanjutnya peserta didik melakukan post test. Guru menyampaikan tugas lanjut terkait pembelajaran hari ini dan materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya. Di akhir pembelajaran guru dan peserta didik berdoa. Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam

REFLEKSI

Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan dan hasil yang cukup dirasakan manfaatnya diantaranya yaitu

  • Berkaitan dengan berkurangnya kesulitan siswa terhadap pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran dengan model PBL
  • Memenfaatkan teknologi membuat rasa ingin tahu peserta didik meningkat
  • Peserta didik juga diharuskan untuk mencari, mengidentifikasi dan membaca meteri pelajaran
  • Metode Tanya jawab selama pembelajaran berlangsung membuat peserta didik lebih waspada ketika memberikan jawaban yang terbaik.

Secara keseluruhan hasil pembelajaran yang dilakukan dengan penerapan model PBL sangat efektif karena mampu berfikir kritis dan peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Hal ini dapat terlihat dari kesimpulan setiap pembelajaran yaitu:

  • Nilai hasil evaluasi pembelajaran siswa sangat baik dan meningkat
  • Siswa menjadi lebih semangat dan aktif selama proses pembelajaran Respon orang lain terhadap kegiaan pembelajaran :
  • Kepala sekolah dan rekan sejawat guru memberi penguatan positif untuk selalu menerapkan model dan media pembelajaran yang bervariasi
  • Peserta didik merasa senang dan bahagia karena proses pembelajaran menerapkan media yang bervariasi dan menarik sehingga pemahaman tentang materi mudah dipahami

Adapun factor dari keberhasilan yaitu dipersiapkannya dengan baik mulai dari rencana pelaksanaan pembelajaran, alat dan media pembelajaran, serta pendekatan kepada peserta didik. Factor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

KESIMPULAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT
  1. Kesimpulan

Berdasarkan uraian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.

  1. Pembelajaran pencemaran air dengan model pembelajaran Problem Based Learning layak dijadikan praktik baik pembelajaran berorientasi HOTS karena dapat meingkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah.
    1. Dengan penyusunan modul ajar secara sistematis dan cermat, pembelajaran pencemaran air dengan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.
B.   Rencana tindak lanjut

Berdasarkan hasil praktik baik pembelajaran IPAS dengan model pembelajaran Problem BASED Learning, berikut disampaikan rekomendasi yang relevan.

  1. Guru seharusnya tidak hanya mengajar dengan mengacu pada buku siswa danbuku guru yang telah disediakan, tetapi berani melakukan inovasi dan kreatifitas pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan latar belakang siswa dan situasi dan kondisi sekolahnya. Hal ini akan membuat pembelajaran lebihbermakna.
    1. Peserta Didik diharapkan untuk menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam belajar, tidak terbatas pada hafalan teori. Kemampuan belajar dengan cara ini akan membantu siswa menguasai materi secara lebih mendalam dan lebih tahan lama / tidak mudah lupa.
    2. Sekolah, terutama kepala sekolah dapat mendorong guru lain untuk ikut melaksanakan pembelajaran berorientasi HOTS. Dukungan positif sekolah, seperti penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dan kesempatan bagi penulis untuk menaplikasikan pembelajaran HOTS.
DAFTAR PUSTAKA
  1. Hidayah, U., Oktavia, M., & Ayurachmawati, P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas X . Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang9(3), 893-906.
  2. Utama, K. O. D., & Sukaswanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif2(2), 79-92.
  3. Suari, Ni Putu. “Penerapan model pembelajaran problem based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2.3 (2018): 241-247.
  4. Elisabet, Elisabet, Stefanus C. Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. “Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).” Journal of Education Action Research 3.3 (2019): 285-291.
  5. Andari, Izqy Yuan. “Pentingnya media pembelajaran berbasis video untuk siswa jurusan ips tingkat SMA se-Banten.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1. 2019.
  6. Marzatifa, Leta, Maya Agustina, and Inayatillah Inayatillah. “Ice breaking: Implementasi, manfaat dan kendalanya untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 6.2 (2021): 162-171.

Website Universitas PGRI Madiun (url : https://unipma.ac.id)

Website Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun (url : https://ppg.unipma.ac.id)

Website Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Madiun (url : https://fkip.unipma.ac.idWebsite Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas PGRI Madiun (url : https://pmb.unipma.ac.id)

Sistem Informasi Manajemen Universitas PGRI Madiun (url : https://sim.unipma.ac.idLaman Akreditasi Universitas PGRI Madiun (url : https://akreditasi.unipma.ac.id)

Artikel Lainnya

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Gacor
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot Thailand
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
Slot MPO
https://pn-maros.go.id/components
gudanggameslot
infoslotreview
maxwinslotgame
reviewslotharian
slotgamecentral
Situs Slot Asiabet118
Link Slot ROYAL188
Daftar Slot ULTRA88
Slot Gacor HAPPYSLOT
Link Alternatif Slot FAFAJP
Situs Slot Gacor TOTOKING4D
Link Slot Gacor RATUKING4D
https://idbetdaftar.com/
slot gacor
Slot PragmaticDemo PG Soft
PG Soft Mahjong
Mahjong Ways>
Raja Mahjong
Slot Demo PG Soft
Link Slot Mahjong
Hitam Slot
https://wangiwarna.com/
https://suzukitegalbrebespemalang.com/
https://roadsweeper.id/
https://renovasiaja.com/
https://lemonsproduction.id/
https://ebeliku.com/
https://lesprivateq.com/
https://reksainti.com/
https://kopidan.com/
https://rsiagrandfamily.com/
https://syahdinaland.com/
https://geometri.co.id/
https://globalmultiteknik.com/
https://jungheinrichforkliftindonesia.com/
https://lagibokek.com/
https://openriset.id/
https://sglind.com/
https://berriesdiapers.com/
https://fiore.id/
https://paperondesign.com/
jpslot
halojp
https://38.47.180.29/
https://recreate68.org
https://octavia-brown.com
https://jacklang.net
https://themindinspired.org
https://restful-labs.com
https://redhooklondon.com
https://thecreepshow.org
https://1dream1tree.com
https://dasarme.org
https://revolutioninkindness.org
https://chicmagz.com
https://jonsimsctr.org
https://getagripamerica.com
https://handsoffmygrandma.com
https://wwwofficecomsetupkey.com
https://crustapunks.org
https://linnwood.org
https://repubblica24.com
https://jerryweller.com
https://joshanjed.com
https://jagokitchenset.com
https://tradeshw.com
Situs Slot
Slot Gacor
Slot Online
Slot Hoki
Slot Maxwin
Infini88
infini 88
HItam Slot
Slot Scatter Hitam
Situs Slot Scatter Hitam
Slot Infini88
Slot VIP
Situs Slot VIP
Slot VIP Member
Slot Resmi
Situs Slot Resmi
Scatter Hitam Resmi
Slot Scatter Hitam Resmi
Login Slot Resmi
Daftar Slot Resmi
Hitam Slot Resmi
Infini88 Resmi
Link Infini88 Slot
Label Slot
Slot Zeus
Slot 138
Gacor138
Slot Hoki
Label138
Beta138
Situs Slot
Slot Online
Label138
Slot Zeus
Slot Gacor
Online 138
Hoki 138
Bet138
Slot Maxwin
Label138
Label Slot
Slot Zeus
Slot 138
Gacor138
negararatu natar
kalirejo palas
margaagung jatiagung
karyamulyasari candipuro
kemukus ketapang
pekantolan
karangsari ketapang
kecapi kalianda
gudang bangkaselatan
montabaru lambu
ketapang ketapang
kotaguring rajabasa
legundi ketapang
maja kalianda
palasjaya palas
Slot Gacor Online
Slot Online Gacor
Slot Gacor Maxwin
Slot gacor Pulsa
Daftar Slot Gacor
Situs Slot Gacor
Game Slot Online
Infini88
Beta138
Infini88
Scatter Hitam
Hitam Slot
Slot Resmi
Scatter Hitam Slot
Slot VIP
Slot VIP Member Resmi
KING138Slot Gacor
BETA138
http://redaksi.mediaelangnusantara.com/
https://beta138.net/
https://www.guydavisartworks.com/
https://www.traknus.co.id/
https://sman1idb.sch.id/.well-known/-/
https://sman1idb.sch.id/assets/vendor/
https://smkn1beta.sch.id/assets/css/
beta138
beta138
https://www.winstonengineering.com/
http://liputan.pameonews.com/
https://milikbersama.xyz/
https://sman1idb.sch.id/
apkslot
gameslot
rtpslot
mainslot
linkslot
slotpg
slotpgsoft
slotadvantplay
slotcrowdplay
slothabanero
slotfachai
slotambslot
slotjili
slotjoker
slotreelkingdom
slotmicrogaming
slotpragmatic
slotbigpot
slotionslot
slotmarioclub
slotdragoonsoft
slotlive22
slotplaystar
slotfungaming
slotnagagames
slotjdb
slotcq9
slotbetsoft
slotplaytech
slotyggdrasil
akundemoslot
slotplayngo
slotonetouch
slotrealtimegaming
slotfunkygames
slotfachai
slothabanero
slotcrowdplay
slotcrowdplay
slotreelkingdom
slotadvantplay
slotpg
daftarslot
situsslot
slotspadegaming
slotttg
slotvpower
maxwingacor
slotchuan
cariduit
maxwinforyou
jackpotreels
maxwinreels
slotmicrogaming
wildscatterslot
BETA138
Royal123
Royal123
ROYAL188
TOTOKING4D
UNTUNG88
BEJO88
BEJO88
ratuking4d
asiabet118
https://theescapegoat.com/
asiabet118
https://ricos-lechon.com/